Upaya Kesehatan Perseorangan

20/06/2016

Salah satu tugas puskesmas adalah memberikan pelayanan bagi perseorangan. UKP (Upaya Kesehatan Perseorangan) merupakan suatu kegiatan dan atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan.
Puskesmas Mlati II mewujudkan UKP dalam berbagai kegiatan pelayanan, meliputi :

    BP Umum  

Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat I berperan menyediakan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara umum bagi masyarakat. Di Puskesemas Mlati II, fasilitas pelayanan ini disebut sebagai BP Umum. Pelayanan ini menyediakan pemeriksaan, konsultasi, dan pengobatan untuk keluhan kesehatan secara umum selain kondisi gawat darurat. Pelayanan kesehatan di BP Umum dilakukan oleh beberapa orang dokter umum dan perawat. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pelayanan BP Umum juga terintegrasi dengan semua pelayanan-pelayanan lain di Puskesmas Mlati II.

    BP Gigi  

Penyakit gigi & mulut termasuk 10 besar penyakit yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat indonesia. Hasil Riskesdas 2013 menunjukkan sekitar 25,9 % penduduk Indonesia mengalami permasalahan gigi & mulut namun baru 31,1 % yang menerima pelayanan kesehatan gigi & mulut. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut tersedia pelayanan kesehatan gigi & mulut di Puskesmas. Balai pengobatan gigi & mulut Puskesmas Mlati II dilakukan secara integratif dengan unit pelayanan yang lain.

    Pelayanan Kesehatan Ibu & Anak (KIA)  

Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat. Perhatian khusus harus diberikan terhadap peningkatan kesehatan ibu dan anak meliputi ibu hamil, bayi baru lahir (BBL), Balita, Wanita Usia Subur (WUS) dan peri-menopause/menopause. Untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi pada masa itu, dilakukan pelayanan kesehatan terpadu (Pelayanan Gizi, Laboratorium, BP Gigi & Mulut, BP Umum, dan Pelayanan Psikologi).

Puskesmas Mlati II juga mengadakan secara rutin kelas ibu hamil & senam hamil tiap bulan pada minggu ke-3. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi petugas Pelayanan KIA Puskesmas Mlati II.

    Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi  

Pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi merupakan suatu upaya yang dilakukan secara sengaja untuk mengatur kehamilan dalam keluarga dengan cara-cara yang sesuai norma hukum dan moral agar tercapai kesehatan keluarga. Tujuan dari pelayanan ini adalah untuk memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan ibu, anak, dan keluarga; Meningkatkan taraf hidup dengan mengurangi angka kelahiran; Memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan KB yang berkualitas; Menjadi bagian dari upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi; serta Penanggulangan masalah kesehatan reproduksi.

    Pelayanan 24 Jam Terbatas    

Pelayanan 24 Jam Terbatas merupakan salah satu bagian pelayanan di Puskesmas Mlati II yang bertugas untuk melakukan tindakan medis dan terapi untuk mencegah kematian dan kecacatan akibat kecelakaan atau penyakit tertentu. Pelayanan yang dilakukan meliputi observasi, diagnosis, pengobatan, dan tindakan medis secara cepat terhadap kondisi gawat darurat.

    Pelayanan Gizi  

Pelayanan gizi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi dan kemampuan individu/keluarga dalam mengatasi masalah gizi yang dihadapi malalui perubahan pola makan. Pelayanan gizi dilakukan kepada individu sepanjang tahap perkembangannya, mulai dari bayi, balita, anak, remaja, dewasa, hingga lansia untuk mengatasi berbagai permasalahan dan penyakit terkait pola makan. Pelayanan gizi Puskesmas Mlati II juga menyediakan konseling laktasi kepada ibu untuk membantu proses menyusui berjalan dengan baik dan nyaman sehingga program ASI eksklusif dapat tercapai.

    Pelayanan Rawat Inap  

Pelayanan rawat inap Puskesmas Mlati II merupakan pelayanan kesehatan perseorangan yang meliputi observasi, diagnosis, pengobatan, keperawatan, rehabilitasi medik dengan menginap di ruang rawat inap Puskesmas Mlati II. Pelayanan rawat inap bertujuan melakukan perawatan pasien yang dengan penyakitnya harus menginap dan menolong persalinan normal dengan rata-rata 3-5 hari perawatan, merawat sementara penderita gawat darurat atau untuk observasi penderita, melakukan pertolongan sementara untuk pengiriman penderita ke rumah sakit.

    Pelayanan Farmasi  

Pelayanan farmasi di Puskesmas meliputi pengelolaan obat dan bahan medis habis pakai serta pelayanan farmasi klinik yang dilakukan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu kegiatan dalam farmasi klinik adalah konsultasi obat yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar mengenai obat (tujuan dan jadwal pengobatan, cara dan lama penggunaan obat, efek samping obat, cara dan lama penyimpanan obat).

    Laboratorium  

Laboratorium sebagai salah satu sarana penunjang pelayanan kesehatan yang berperan melaksanakan pengukuran, penetapan, pengujian terhadap bahan yang berasal dari seseorang untuk penentuan jenis penyakit, penyebaran penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan seseorang atau kelompok masyarakat. Pelayanan laboratorium menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan.

    Pelayanan Psikologi  

Kesejahteraan psikologis merupakan suatu kondisi yang tidak bisa dilepaskan dari kesehatan fisik. Kondisi psikologis dan kondisi fisik merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi satu sama lain. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi tercapainya kesehatan yang optimal, Puskesmas Mlati II menyediakan pelayanan psikologi bagi masyarakat secara komprehensif meliputi upaya promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif. Pelayanan psikologi di Puskesmas Mlati II menyediakan pelayanan konseling individual bagi anak, remaja, dewasa maupun lansia; konseling pasangan, konseling keluarga, maupun konseling kelompok. Pelayanan psikologi terintegrasi dengan pelayanan lain yang ada di Puskesmas Mlati II.

    Pelayanan Fisioterapi  

Merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik electrotherapeutic dan mekanisme) pelatihan fungsi dan komunikasi. Pelayanan fisioterapi di Puskesmas Mlati II melayani pasien rujukan dari BP Umum maupun pasien yang membutuhkan fisioterapi atas permintaan sendiri.