Upaya Kesehatan Masyarakat

20/06/2016

Sesuai dengan Permenkes No 75 Tahun 2014, puskesmas memiliki peran sebagai gerbang pertama yang diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara komprehensif, tidak hanya melakukan pelayanan kepada perseorangan tetapi juga kepada masyarakat yang lebih luas. Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) menjadi tugas utama puskesmas yang berfokus kepada upaya pencegahan dan promosi kesehatan masyarakat. UKM juga mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Puskesmas Mlati II memiliki UKM Esensial dan UKM Pengembangan.


    UKM Esensial

UKM esensial merupakan upaya kesehatan masyarakat yang telah ditentukan program dan cakupannya di seluruh puskesmas di Indonesia. Upaya-upaya ini ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat pada 5 aspek mendasar dari kesehatan yang saling berkaitan satu dengan yang lain, yaitu kesehatan ibu, anak dan KB; gizi; pencegahan dan pengendalian penyakit; kesehatan lingkungan; dan promosi kesehatan. Bagian dari upaya bersama antara UKP dan UKM bagi masyarakat yang membutuhkan perawatan di rumah, Puskesmas Mlati II menyediakan fasilitas perawatan kesehatan masyarakat.

    Upaya Kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana  

Bentuk-bentuk kegiatan dari upaya kesehatan ini adalah penyuluhan KB, kunjungan rumah pada ibu pasca salin dengan risiko, pelaksanaan SDIDTK pada anak pra sekolah.

    Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat   

Beberapa contoh kegiatan dalam upaya kesehatan ini adalah penanganan dan pendampingan pada balita gizi buruk, penyuluhan ASI eksklusif, dan pemantauan tumbuh kembang anak melalui Posyandu Balita di setiap pedukuhan.

    Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  

Upaya pencegahan dan pengendalian penyakit dilakukan dengan kegiatan pemantauan dan pendampingan pasien TB, penyelidikan epidemiologi jika ditemukan kasus demam berdarah, campak, diare atau penyakit lain yang memungkinkan terjadinya penularan.

    Upaya Penyehatan Lingkungan  

Kesehatan lingkungan dicapai melalui berbagai kegiatan, beberapa diantaranya adalah pemantauan penggunaan air bersih, deklarasi stop BAB sembarangan, pemantauan jentik secara berkala, pengelolaan sampah yang terstandar, dan pemantauan tata kelola limbah di lingkungan rumah maupun instansi.

    Upaya Promosi Kesehatan  

Promosi perilaku hidup bersih dan sehat merupakan kunci dari upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terdiri dari 10 indikator, yaitu : persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang balita setiap bulan di Posyandu, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan sabun, penggunaan jamban sehat, pemberantasan jentik nyamuk, mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok. Kegiatan lain dari upaya promosi kesehatan adalah pembinaan dan pendampingan posyandu. Di Puskesmas Mlati II, terdapat posyandu balita dan posyandu lansi di setiap pedukuhan.

    Upaya Perawatan Kesehatan Masyarakat  

Untuk pasien atau masyarakat yang membutuhkan perawatan di rumah, Puskesmas Mlati II menyediakan pelayanan kunjungan rumah oleh tenaga kesehatan yang sesuai dengan permasalahan pasien. Upaya kesehatan ini juga bertujuan untuk menjangkau pasien yang kesulitan mengakses layanan dalam gedung.


    UKM Pengembangan

Berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Puskesmas Mlati II mengembangkan upaya-upaya kesehatan masyarakat yang terdiri dari upaya kesehatan lansia, remaja, jiwa, dan indera.

    Upaya Kesehatan Lansia  

Pelayanan kesehatan lanjut usia (lansia) bertujuan menyediakan pelayanan kesehatan lanjut usia yang bermutu dan berkesinambungan di puskesmas. Ketersediaan pelayanan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para lanjut usia untuk membina kesehatannya secara mandiri, meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam menghayati dan mengatasi kesehatan, serta meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan lanjut usia.

    Upaya Kesehatan Remaja  

Tahap remaja merupakan tahapan perkembangan yang unik dimana terjadi masa peralihan dari seorang anak menjadi seorang dewasa. Tahapan yang penuh dengan tantangan ini seringkali diikuti dengan munculnya berbagai permasalahan, seperti pergaulan bebas yang mengarah pada kehamilan di usia remaja, penggunaan NAPZA, ataupun kenakalan remaja lainnya. Untuk mendampingi remaja dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendampingan terhadap remaja, Puskesmas Mlati II menyediakan pelayanan kesehatan remaja. Bentuk pelayanan kesehatan remaja ini diwujudkan dalam program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR).

    Upaya Kesehatan Jiwa  

Permasalahan kesehatan jiwa menjadi keprihatinan bersama karena menimbulkan beban psikologis, ekonomi, dan sosial pada individu maupun keluarga. Namun permasalahan ini relatif belum mendapat penanganan yang maksimal oleh tenaga kesehatan. Oleh karena itu, Pelayanan kesehatan jiwa dirasa perlu diinisiasi untuk membantu memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan jiwa individu, keluarga dan masyarakat serta lingkungannya. Upaya yang dilakukan antara lain upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif kepada pasien gangguan jiwa, keluarga dan masyarakat.

    Upaya Kesehatan Indera  

Kesehatan indera merupakan aspek penting untuk menunjang individu menjalankan peran dan tanggung jawabnya secara optimal. Puskesmas Mlati II menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan indera untuk membantu masyarakat menyadari pentingnya menjaga kesehatan indera dan mengetahui upaya pengobatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan kesehatan indera. Pelayanan kesehatan indera merupakan upaya pengembangan dari UKM esensial yang menjadi salah satu kekhasan Puskesmas Mlati II.

   Upaya Kesehatan Sekolah  

Upaya Kesehatan Sekolah bertujuan untuk meningkatkan kesehatan siswa dan lingkungan sekolah. UKS menjalankan fungsinya berpedoman pada Trias UKS, yaitu :

   Pelayanan kesehatan, bentuk kegiatannya adalah pemeriksaan siswa sakit dan screening kesehatan untuk siswa kelas 1

   Pendidikan kesehatan, bentuk kegiatannya adalah penyuluhan kesehatan kepada siswa

   Penyehatan lingkungan, bentuk kegiatannya adalah pengelolaan sampah dan upaya kesehatang lingkungan.

Puskesmas Mlati II menjalankan Trias UKS dan pembinaan UKS bersama-sama dengan lintas sektor

     Upaya Kesehatan Olahraga  

Saat ini , perhatian masyarakat tidak hanya tertuju pada pengendalian penyakit menular tetapi juga pencegahan dari penyakit tidak menular, seperti hipertensi dan diabetes mellitus. Penyakit tidak menular ini sebagian besar disebabkan oleh faktor gaya hidup individu yang tidak sehat. Salah satu upaya untuk mengatasi hal ini adalah dengan memiliki kebiasaan berolahraga secara rutin.

Upaya kesehatan olahraga adalah salah satu program pengembangan UKM yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui olahraga. Puskesmas Mlati II mengadakan kegiatan senam untuk karyawan dan masyarakat umum setiap Jumat pukul 07.30. Kegiatan lainnya adalah tes kebugaran untuk karyawan, masyarakat dan calon haji yang dilaksanakan 1 (satu) tahun sekali.