Administrasi & Manajemen

18/06/2016

Bentuk pelayanan administrasi dan manajemen dapat berupa penyusunan kebijakan, penyusunan rencana strategis, penyusunan pedoman mutu, penyusunan rencana kegiatan, dan lain-lain. Kegiatan administrasi dan manajemen sebagian besar dilakukan oleh bagian ketatausahaan. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, maka dalam pelaksanaan ketugasan dibagi menjadi 3 (tiga) fungsi :


    Kepegawaian dan Umum

    Kepegawaian   

Beberapa hal kegiatan kepegawaian dan umum diantaranya : Mengawal segala kebutuhan dan kewajiban pegawai, misalnya kenaikan pangkat, pengurusan SKP, cuti pegawa, absensi pegawai, pembinaan pegawai, persyaratan kompetensi pegawai, meningkatkan kompetensi pegawai, dan lain-lain.

    Umum   

Bertugas mengawal segala keperluan suatu organisasi, misalnya kearsipan, pemeliharaan gedung, pengaturan jadwal pemakaian aula, penataan ruangan, penataan lingkungan, dan lain-lain.


    Keuangan

Beberapa hal terkait dengan fungsi dan tugas keuangan adalah mendukung pendanaan suatu organisasi dalam melaksanakan kegiatan. Proses pertanggungjawaban keuangan adalah hal yang sangat penting dalam suatu organisasi. Untuk mendukung berjalannya kegiatan dalam organisasi dengan baik perlu laporan keuangan yang akuntabel dan berkualitas. Untuk mendapatkan laporan keuangan yang berkualitas dibutuhkan kerja sama tim yang solid karena pelaksana kegiatan adalah pemegang program.


    Data dan Informasi   

Untuk mengambil suatu kebijakan diperlukan data & informasi yang akurat. Proses pengumpulan data dilakukan oleh pemegang program, selanjutnya data diolah dan dilaporkan secara rutin kepada Dinas Kesehatan.